Selasa, 03 Februari 2009

Test Game Dan Aplikasi Java

Sangat banyak sekali emulator yang dapat kita gunakan untuk menguji aplikasi java dan game. Mulai dari yang paling sederhana, hingga yang paling rumitpun dapat kita jumpai.

Ini ada dua emulator yang bisa dijadikan refrensi untuk kita. Kedua emulator ini bisa dikatakan cukup sederhana, karena mudah pengoperasiannya. Selain itu kedua emulator ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu kita bisa memilih skin resolusi layar untuk menyesuaikan dengan ponsel yang kita gunakan. Kedua sotware emulator itu adalah Sjboy dan Midp2X. berikut ini adalah pemaparannya.

Menjalankan Sjboy Emulator

Langkah 1

Klik disini! untuk mendownload Sjboy Emulator. Setelah selesai, kemudian ekstrak hasil download pada folder tertentu di PC.

Untuk menjalankannya buka “windows explorer” kemudian cari folder dimana kita tadi mengekstrak file hasil download > pilih file.jar yang telah tersedia > open with > choose program > browse > cari folder Sjboy Emulator pada program file > pilih Sjboy.exe > oke

Langkah 2

Langkah selanjutnya memilih tipe ponsel, dengan cara klik “choose phone”. Ada beberapa pilihan tipe ponsel yaitu, Nokia 3100, Nokia N70, Motorola V300 dan Sony Ericsson K750. Defaultnya emulator ini menggunakan skin dengan resolusi 176×220 piksel (skin Nokia N70) atau 128×128 piksel (skin Nokia 3100). Untuk menyesuaikan dengan resolusi ponsel yang kita pakai, maka pilih skin yang layarnya berukuran sama atau lebih besar dari ponsel kita.

Langkah 3

Klik “tools” > pilih snapshoot > akan keluar tampilan save as > pilih folder > ketik nama file > save. Langkah diatas adalah untuk mengambil screenshot langkah per langkah pada emulator.

Jika kita kesulitan keluar dari sebuah menu, jangan kuatir dan panik, cukup klik F1 saja, maka masalah terselesaikan.

Kelebihan Sjboy ini adalah sudah mendukung untuk aplikasi Sun MIDP 1.0/2.0 Framework, WMA 1.0, NOKIA UI, SIEMENS API, secara penuh, serta beberapa dukungan lain seperti MOTO API, NEC API, audio, image dan lain-lain, artinya hampir semua file java dapat dimainkan.

Menjalankan Midp2X

Satu hal yang sangat terlihat perbedaanya dengan Sjboy adalah Midp2X akan mengubah file.jar menjadi .exe dan menciptakan folder sesuai dengan nama file.jar. Jadi apabila anda ingin memindahkan file.exe tadi ketempat lain, jangan lupa foldernya disertakan juga.

Langkah 1

Download dulu softwarenya. Klik disini!

Caranya hampir sama dengan Sjboy Emulator, yaitu Setelah selesai download, kemudian ekstrak hasil download pada folder tertentu di PC. Untuk menjalankannya buka “windows explorer” kemudian cari folder dimana kita tadi mengekstrak file hasil download > pilih file.jar yang akan dijalankan > open with > choose program > browse > cari folder Kwyshell pada program file > buka folder MidpX > buka folder Midp2X > klik Midp2Exe.exe. Maka emulator akan berjalan. Tapi jika tampilannya menghilang, langkah yang kita ambil adlah merestart ulang komputer kita.

Langkah 2

Pada Sjboy Emulator klik mouse pada icon yang tersedia dibatasi, tetapi pada Midp2X kita dapat menjalankan semua fungsi tombol yang tersedia pada tampilan ponsel yang terlihat. Kita juga dapat melakukan pengaturan pada “enable vibration”, “enable melody”, “enable swap key map”, dan “frameskip”

Langkah 3

Kita juga dapat mengubah tampilan tingkat lanjut yaitu dengan cara klik “view” > “filter” > pilih sesuai dengan keinginan kita.

Langkah 4

Warna tampilanpun dapat kita rubah dengan cara klik “device” > ‘option” > “apply”. Ada pilihan perubahan lampu belakang (backlight), kontras, transparansi, volume dan music program.


Bagaimana mudah bukan. Tinggal pilih saja emulator yang mana yang sesuai dengan selera anda. Semoga program ini dapat berjalan. Seharusnya memang bisa berjalan, karena sudah di uji oleh tim redaksi dari Tabloid Pulsa.


Selamat mencoba

LETS MAKE A BETTER TOMORROW

Label: , , , , , , , , , ,

1 Komentar:

Pada 5/06/2009 , Anonymous Jaya mengatakan...

Tenkyu bgt bro atas sharingnya.. bener2 ngebantu.. :D

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Counter Powered by  RedCounter